0

Sabtu 20 Mei 2023, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasonal, Dieng Orienteering Race 2023, secara resmi telah dibuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara di Halaman Pendopo Soeharto Whitlam, Kawasan Candi Arjuna. Hadir dalam acara ini, Ibu Eko Sri Wuryani, S.Sos, MM selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, beliau menyambut baik dan mendukung pelaksanaan event ini, yang sudah berjalan 2 tahun dan harapannya bisa berkelanjutan, karena dapat turut memajukan pariwisata dan kebudayaan di Dieng pada khususnya, apalagi orienteering ini merupakan kegiatan unit yang memadukan aktivitas navigasi dengan berlari, diharapkan event ini menjadi pengalaman menarik bagi para atlet orienteering dan pengunjung wisata Dieng, untuk menjelajahi destinasi wisata dengan cara berbeda. Pada pembukaan kegiatan ini, Disparbud Banjarnegara menampilkan Tim Kesenian Sapto Budoyo dengan penampilan tarian Gumregahing Kelir Ing Angkoso untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan dari Banjarnegara.

Pada hari kedua, Minggu 21 Mei 2023, perlombaan foot orienteering individu dilakukan di Taman Syailendra dan dibuka oleh Firman Abu Nasir, Ketua Pokja Kemitraan, Dhiki Wicaksana dan Bayu, Staff Direktorat Event Nasional dan Internasional, Setyo Irawan Kabid Pemasaran Disporapar Jawa Tengah, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo, dan Sri Fatonah Werdiyati Ismangil. Acara ini diikuti oleh 118 peserta dengan 5 kategori (Men 20, Women 20, M21, W21 dan M30). Tak lupa acara dimeriahkan dengan tarian khas Dieng-Wonosobo yaitu Lengger Dieng dan Kailasa Band. Kemudian acara ditutup oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Wonosobo, Bapak Burhanudin dan Kepala KFPT BCA Yogyakarta, Bu Atri Nurani setelah itu dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan potensi wisata alam dengan beragam aktivitasnya, salah satunya adalah orienteering. Orienteering adalah wisata olahraga berbasis petualangan dengan kombinasi kemampuan berlari dan keterampilan bernavigasi menggunakan peta dan kompas, untuk mengunjungi titik kontrol sesuai dengan yang sudah ditentukan. Orienteering biasanya dikemas melalui sebuah permainan kompetisi. Pemenang dalam olahraga orienteering ini ditentukan berdasarkan ketepatan (dalam mengunjungi titik kontrol) dan juga kecepatan dalam menyelesaikan tantangannya.  Di Indonesia, orienteering merupakan salah satu dari olahraga rekreasi yang berkembang di masyarakat dimulai dari komunitas pecinta alam/petualangan, hingga saat ini perkembangannya sangat cepat dan mulai mengarah ke olahraga prestasi.

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Dieng Orienteering Race 2023 Sukses Digelar!

pada tanggal 19-21 Mei 2023 di kawasan Dieng oleh Main Outdoor selaku event organizer penyelenggara wisata petualangan di Indonesia, event orienteering ini merupakan event sport tourism terbesar di kawasan Dieng serta dan event orienteering yang paling menantang di Indonesia karena dilaksanakan pada dataran tinggi dengan suhu dan medan yang ekstrem (+2000 mdpl). Pada edisi tahun ini, Dieng Orienteering Race diikuti oleh total 158 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari berbagai kegiatan dan kategori lomba yaitu, kategori individu foot orienteering dengan 118 peserta, kategori tim/relay orienteering dengan 9 tim, fun orienteering individu dengan 17 orang, fun bike orienteering dengan 5 peserta serta kegiatan summer camp/pendakian Gunung Prau dengan 13 peserta. Selain kegiatan inti orienteering, kami mengadakan summer camp, yang juga bertujuan mengedukasi pendakian ramah lingkungan melalui gaya hidup “Zero Waste Adventure” serta kolaborasi juga dengan program “Indonesia International Outdoor Festival (IIOUTFEST) Goes To Mountain” dan Road to Dieng Culture Festival 2023. “Dieng Orienteering Race (DOR) 2023” merupakan sebuah event kejuaraan orienteering terbuka tingkat nasional, agar dapat meningkatkan kembali aktivitas pariwisata Indonesia, khususnya di kawasan dataran tinggi Dieng, yang kaya akan potensi wisata alam dan budaya. Acara ini sekaligus akan menjadi cara terbaik untuk mengenalkan dan mengembangkan olahraga orienteering ini kepada masyarakat dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata petualangan alam yang ada di Indonesia, mendorong peningkatan prestasi bagi para penggiat orienteering Indonesia serta mendorong peningkatan ekonomi kreatif masyarakat di sekitar destinasi, ujar Rahman Mukhlis, Event Director Dieng Orienteering Race. Agenda kegiatan selama 3 hari yaitu:

19 Mei 2023: Kedatangan dan registrasi Peserta
20 Mei 2023: Lomba orienteering kategori tim/relay orienteering di Pendopo Soeharto Whitlam-Candi Arjuna dan Pendakian Gunung Prau “Summer Camp”
21 Mei 2023: Lomba orienteering kategori individu /foot orienteering race di Taman Syailendra Dieng dan Pendakian Gunung Prau “Summer Camp”

Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo, TNI/POLRI di Kabupaten Banjarnegara, Purworejo dan Magelang, Dieng Pandawa, Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI), Asosiasi Orienteering Militer Indonesia (AOMI), SPINE & SPORTS Rehabilitation, TNI/POLRI, serta didukung oleh para sponsor yaitu Bank BCA, Arei Outdoor Gear, Cartenz Tactical, Geo Dipa Energi, Aqua, Cheers, Zinc, Posh Roll On, Pro Guard, Kalbe HiC 1000, Hydrococo, Pinnacle, Decathlon, dan Columbia Sportswear. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan para media partner yaitu RCTI+, National Geographic Indonesia, Saya Pilih Bumi, Saya Pejalan Bijak, dan Mahanta Picture.

Dapatkan informasi selengkapnya di akun instagram @mainoutdoor dan @dieng.race serta website www.mainoutdoor.com

Panitia Dieng Orienteering Race:
Admin:
0812-8719-4047 (Sekar)
Event Director: 0812-9674-2329
(Rahman)


Berita terkait lainnya:

Dieng Orienteering Race 2023, Sport Tourism yang Kian Diminati | Tribunbanyumas.com 

Dieng Orienteering Race 2023 Perkuat Sport Tourism dan Slogan Berwisata di Indonesia Aja | kabarwonosobo.com

DOR 2023, Sandiaga Uno: Pulihkan Ekonomi Melalui Sport Tourism | Magelang Ekspres

Begini Kemeriahan Dieng Orienteering Race | NNC Netralnews

Dieng Orienteering Race 2023 Bangkitkan Semangat Sport Tourism | Sorotwonosobo

Even Wisata Minat Khusus Dieng Orienteering Race 2023 Sukses Digelar | Tribunjogja.com

Sukses Digelar, Dieng Orienteering Race 2023 Perkuat Sport Tourism di Indonesia | Wonosobo Zone

Dieng Orienteering Race 2023 Perkuat Sport Tourism di Indonesia Aja | Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo

Jelajah Alam dan Budaya Dieng Lewat Dieng Orienteering Race 2023 | National Geographic Indonesia

Related post